10 Game PS1 Terpopuler

Masih ingatkah anda pada game-game PlayStation (PS1) terpopuler yang sering anda mainkan di masa kecil, seperti Winning Eleven, Tekken 3, Crash Bandicoot, Harvest Moon, dan lain-lain?  Nah, kali ini inogame akan membahas game-game PS1 yang paling populer, tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

Daftar ini dibuat berdasarkan jumlah penjualan setiap game tersebut secara internasional.  Tentu saja, melihat judul dari permainan-permainan ini pasti membuka kembali kenangan manis anda di masa kecil bersama konsol PS1.  Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut daftarnya:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Tomb Raider III


Total penjualan :  6 juta kopi

Dirilis pada tahun 1998 oleh Eidos Interactive, game ini bercerita tentang petualangan penjelajah cantik dan seksi bernama Lara Croft.  Tomb Raider III adalah serial ketiga dari franchise ini yang diproduksi untuk konsol PS1.  Cerita petualangan ini berkisar pada usaha Lara Croft dalam mengumpulkan 4 kepingan meteor yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Karena kualitasnya yang sangat bagus dan enak untuk dimainkan, Tomb Raider III dibuat dan dirilis ulang pada tahun 2009 untuk konsol PSN.  Di game ini, anda bisa menjelajah berbagai bangunan dan reruntuhan kuno di seluruh dunia, mulai dari Nevada, India, Lautan Pasifik, bahkan hingga Kutub Selatan.



9.  Crash Bandicoot


Total penjualan :  6,82 juta kopi

Tentu saja sebagai pecinta game PS1, kita tidak mudah melupakan sosok petualangan konyol Crash, makhluk aneh serupa anjing yang bisa berjalan dengan dua kaki, berputar-putar seperti angin puting beliung, dan melompat-lompat untuk menghindari jebakan serta monster-monster lucu.  Ya, petualangan Crash Bandicoot ini benar-benar membuat kita ketagihan memainkannya.
Game ini dirilis pada tahun 1996 oleh Naughty Dog, dan hingga saat ini pun masih dianggap sebagai salah satu permainan konsol PS1 terpopuler.  Unsur petualangan yang seru, kocak, dan menegangkan membuat Crash Bandicoot tetap enak untuk dimainkan sampai kapanpun.



8.  Tomb Raider


Total penjualan :  7 juta kopi

Di tahun 1996, developer Eidos Interactive meluncurkan sebuah game PS1 yang nantinya akan menjadi sebuah legenda di industri hiburan.  Ya, pada tahun inilah permainan Tomb Raider pertama kali diluncurkan dan sosok Lara Croft secara perdana diperkenalkan kepada publik.  Hasilnya pun luar biasa, menilik dari rekor penjualannya yang mencapai 7 juta kopi.

Game ini tidak hanya menjadi inspirasi bagi serial permainan Tomb Raider selanjutnya, namun juga menjadi sumber awal dirilisnya film Tomb Raider yang diperankan oleh Angelina Jolie.  Melihat beberapa alasan ini, tidak berlebihan jika akhirnya Tomb Raider disebut sebagai salah satu legenda konsol PlayStation.



7.  Metal Gear Solid


Total penjualan :  7 juta kopi

Dari segi penjualan, baik Metal Gear Solid maupun Tomb Raider berada di posisi yang sama.  Metal Gear Solid adalah serial pertama dari franchise ini yang kemudian berkembang menjadi salah satu game stealth terbaik di dunia.   Dirilis pada tahun 1998 oleh Konami, game ini menjadi salah satu permainan dengan grafis terbaik pada masa itu.

Di sini anda berperan sebagai Solid Snake, seorang agen rahasia, ahli penyusup dan sabotase.  Misi anda sebenarnya cukup sederhana, di mana anda harus menyusup ke markas besar yang juga dijadikan generator nuklir oleh Liquid Snake, tokoh antagonis dalam game ini.



6.  Crash Bandicoot:  Warped


Total penjualan :  7,13 juta kopi

Lagi-lagi sebuah game dari franchise Crash Bandicoot.  Dirilis pada tahun 1998, game ini lebih populer dari kedua serial pendahulunya.  Wajar saja, di sini permainan dibuat lebih menarik, dengan level yang bisa anda pilih sendiri dan jumlah tantangan yang lebih bervariasi.  Dari segi grafis, Crash Bandicoot Warped pun sedikit mengalami peningkatan.

Tak hanya dari segi penjualan, game ini juga mendapatkan banyak review positif dari berbagai media video game.  Crash Bandicoot: Warped juga menjadi video game non-Jepang pertama yang berhasil terjual di atas satu juta kopi di Negeri Sakura.



5.  Tomb Raider II


Total penjualan :  8 juta kopi

Rasanya tepat jika menyebut Tomb Raider sebagai franchise game petualangan terbaik dan terpopuler untuk konsol PlayStation.  Terbukti, serial ini berhasil menempatkan tiga judulnya dalam daftar sepuluh besar game PS1 terlaris sepanjang masa.  Kesuksesan game yang dirilis pada tahun 1997 ini disebabkan oleh iklannya yang diputar secara intensif di seluruh penjuru dunia.
Tomb Raider II bercerita tentang kisah Lara Croft dalam mencari kebenaran di balik senjata kuno Dagger of Xian yang digunakan oleh kaisar Cina.  Petualangannya berkisar di kuil-kuil serta reruntuhan tibet, pegunungan, bahkan ada saat-saat di mana Lara Croft harus menghadapi makhluk legendaris bernama Yeti.



4.  Harry Potter and The Philosopher's Stone


Total penjualan :  8 juta kopi

Sudah bisa ditebak, game ini terjual cukup laris karena tidak lama sebelumnya, versi layar lebar dari serial pertama Harry Potter baru saja dirilis.  Demam Harry Potter yang melanda anak-anak remaja di seluruh dunia membuat penjualan game ini laris manis seperti kacang goreng.  Di sini, Electronic Arts selaku produser pun menjadi pihak yang paling diuntungkan.
Pecinta serial Harry Potter pasti tidak akan kecewa memainkan game ini.  Di sini, anda berperan sebagai Harry Potter, dan jalan cerita game-nya pun sama persis dengan yang di buku.  Anda bisa menjelajah Hogwarts, mengumpulkan poin untuk asrama anda, bermain Quidditch, mengalahkan monster-monster aneh seperti Troll, dan pada akhirnya bertempur melawan Lord Voldemort.



3.  Final Fantasy VII


Total penjualan :  9,72 juta kopi

Tak hanya dikenal sebagai game berkualitas yang membuka jalan kesuksesan serial Final Fantasy lain di masa depan, FF VII juga sangat sukses secara penjualan.  Game yang bercerita tentang petualangan Cloud, Aeris, dan Tifa di dunia fantasi ini mampu memegang rekor sebagai game RPG paling laris di konsol PS1.
Berbicara soal kualitas, Final Fantasy VII benar-benar sempurna.  Grafisnya dibuat sangat indah, cerita di dalamnya sangat menyentuh, dan musik di dalamnya mampu menjadi salah satu OST Final Fantasy terbaik sepanjang masa.  Karena kualitasnya yang begitu luar biasa, FF VII bahkan sudah dibuat versi film animasi serta remake-nya di berbagai konsol.



2.  Gran Turismo 2


Total penjualan :  9,97 juta kopi

Kegemaran masyarakat di Amerika Serikat terhadap game balap mobil sangat berpengaruh pada penjualan seri Gran Turismo yang luar biasa dan cukup sensasional ini.  Memang jika kita meninjau secara kualitas, serial Gran Turismo untuk PS1 jauh lebih unggul dibandingkan racing game lain yang menjadi kompetitornya.
Dirilis pada tahun 1999, anda bisa memainkan lebih dari 650 mobil balap di game Gran Turismo 2 ini.  Tak hanya sekedar berusaha menjadi yang tercepat di arena, karir anda dimulai dari usaha untuk mencari lisensi pembalap, mengikuti balapan kelas rendah, hingga pada akhirnya menjadi juara di sirkuit kelas dunia.



1.  Gran Turismo


Total penjualan :  10,85 juta kopi

Mungkin anda tidak menyangka bahwa Gran Turismo yang dirilis pada tahun 1998 adalah game PS1 terpopuler.  Di Indonesia, memang game ini tidak terlalu menjadi hit, bahkan dianggap sejajar dengan game balap lainnya seperti Need For Speed atau serial balap F-1.  Namun di Amerika Serikat dan Eropa, Gran Turismo benar-benar menjadi game pujaan para gamer.

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, ada ratusan mobil yang bisa anda gunakan di atas arena balap.  Semakin bagus posisi anda di atas trek, semakin banyak hadiah uang yang anda dapatkan.  Uang inilah yang nantinya bisa digunakan untuk memodifikasi mobil anda menjadi lebih keren.  Menilik grafis, gameplay, dan unsur marketing yang sangat sukses, tak heran jika Gran Turismo mendapat rating yang sangat tinggi dari berbagai media game.

0 Response to "10 Game PS1 Terpopuler"

Posting Komentar