10 Game PS2 Terpopuler

PS2 atau PlayStation 2 adalah sebuah konsol game yang sangat populer di Indonesia pada awal hingga pertengahan tahun 2000-an.  Walaupun konsol ini sudah dihentikan produksinya, namun nama-nama game terbaik yang pernah dibuat untuk PS2 tentu tak bisa dilupakan begitu saja.  Beberapa game PS2 bahkan dianggap mampu membawa perubahan besar pada dunia video game.

Pada artikel berikut, inogame akan menyajikan daftar sepuluh judul permainan di PlayStation 2 terpopuler.  Daftar ini dibuat berdasarkan jumlah total penjualan judul-judul permainan tersebut hingga artikel ini dibuat.  Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut daftarnya:

by BeeniAktor on DeviantArt.com via Creative Commons

10.  God of War


Total penjualan: 4,6  juta kopi

Tak ada yang lebih mengasyikkan daripada memainkan sebuah game petualangan fantasi yang bersetting di tempat yang indah, penuh dengan berbagai monster fantastis serta tokoh-tokoh yang menarik untuk dimainkan.  Ditambah dengan grafis yang cukup artistik pada masa itu, alasan-alasan inilah yang membuat God of War menjadi salah satu game PS2 yang paling populer.

Game ini disajikan dalam sudut pandang orang ketiga, di mana anda mengontrol tokoh utama bernama Kratos.  Kratos memiliki senjata ampuh bernama Blades of Chaos yang ia gunakan untuk membasmi monster-monster legendaris seperti Hydra dan Cerberus.



9.  Kingdom Hearts


Total penjualan: 4,7  juta kopi

Hingga saat ini, serial Kingdom Hearts mungkin dianggap sebagai salah satu alasan orang membeli konsol PlayStation 2.  Popularitas game ini begitu tinggi di seluruh dunia karena didukung oleh cerita yang unik, di mana anda bermain dengan tokoh-tokoh Final Fantasy khas Jepang dan juga beberapa tokoh kartun dari serial Walt Disney.
Kingdom Hearts menceritakan tentang petualangan Sora dalam mencari sahabat baiknya, Riku, yang menghilang setelah tanah kelahirannya diserang oleh monster-monster bayangan yang disebut Heartless.  Sama seperti kisah RPG lainnya, petualangan Sora-pun akhirnya berubah menjadi misi besar untuk menyelamatkan dunia.



8.  Final Fantasy XII


Total penjualan: 5,2 juta kopi

Final Fantasy adalah sebuah franchise game yang memiliki jutaan fans di seluruh penjuru dunia.  Tentunya tidak mengherankan jika melihat judul ini mampu menjadi salah satu yang paling populer di konsol PS2.  Diproduksi pada tahun 2006, FF XII tak hanya populer, namun berkualitas.  Permainan ini mendapatkan rating yang sangat tinggi, bahkan mendapat penghargaan sebagai Best PS2 Game dari IGN dan Gamespot.

Final Fantasy XII berkisah tentang petualangan enam karakternya, Vaan, Ashe, Basch, Fran, Penelo, dan Balthier.  Setiap karakter memiliki latar belakang dan tujuan yang berbeda-beda, namun plot permainan ini berpusat pada petualangan untuk menyelamatkan kerajaan Ivalice dari perang saudara serta invasi monster dan sihir-sihir hitam.



7.  Final Fantasy X


Total penjualan: 6,6 juta kopi

Final Fantasy X adalah salah satu game pertama yang diproduksi di konsol PS2.  Promosinya saat itu sangat gencar, terutama dalam mengiklankan kelebihan grafis yang ditawarkan oleh PlayStation 2.  Tak heran jika pada akhirnya penjualan game ini sangat berhasil.  Kesuksesannya bahkan membuat SquareEnix memutuskan untuk membuat versi remake (HD)  FFX untuk konsol PS3 dan PSVita.

Penggemar video game tentunya tak asing lagi dengan sosok Tidus dan Yuna, dua kekasih sekaligus karakter utama game FFX.  Permainan ini dianggap cukup sukses karena menawarkan perubahan grafis yang jauh lebih indah, gameplay yang inovatif, serta cerita yang bisa dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam serial Final Fantasy.



6.  Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty


Total penjualan: 7  juta kopi

Serial Metal Gear bisa dianggap sebagai sebuah franchise yang sangat sukses di PlayStation 2.  Serial yang juga termasuk sebagai salah satu game stealth terbaik ini memiliki ciri khas gameplay tersendiri yang membuat anda ketagihan memainkannya.  Ya, Metal Gear Solid tak hanya menuntut anda untuk sekedar berbaku tembak, namun juga bagaimana melewati dan membunuh musuh anda tanpa menimbulkan keributan.

Serial Sons of Liberty ini berpusat pada petualangan anda sebagai seorang agen rahasia muda bernama Raiden.  Dalam game, anda harus berusaha menjalankan misi solo untuk menghabisi sekelompok teroris yang menguasai lokasi pengeboran minyak lepas pantai.



5.  Grand Theft Auto III


Total penjualan: 7,9  juta kopi

Judul ini memiliki peranan penting dalam mengubah standar game action di dunia.  Ya, Grand Theft Auto III adalah salah satu game pertama yang menawarkan konsep open-world, di mana pemain bebas menjelajahi sebuah tempat tanpa harus melakukan misi apapun.  Walaupun grafisnya masih sederhana, namun GTA III menawarkan gameplay yang sangat mengasyikkan.

Hingga saat ini Grand Theft Auto III masih menjadi game PS2 terbaik sepanjang masa versi Metacritic setelah berhasil mendapatkan nilai review 97 dari 100.  Game ini bercerita tentang petualangan Claude di Liberty City dalam menjalankan berbagai aksi kriminal bersama sekelompok grup mafia.



4.  Grand Theft Auto: Vice City


Total penjualan: 9,6  juta kopi

Jika GTA III adalah sebuah game yang mampu mengubah standar game action, maka Grand Theft Auto: Vice City  adalah sebuah master piece yang bisa mempengaruhi standar seluruh game yang diproduksi untuk konsol PS2.  Ya, game ini begitu populer dan menarik untuk dimainkan, serta jauh lebih indah dari serial pendahulunya.

GTA Vice City akan membawa kita pada petualangan Tommy Vercetti, seorang anggota geng mafia yang baru saja bebas dari penjara.  Berbagai aksi kriminal Tommy di Vice City yang bersetting seperti Miami terkesan kejam, cool, bahkan terkadang konyol.  Yang jelas, kita akan sangat betah memainkan game ini, baik untuk menyelesaikan misi utama ataupun sekedar berjalan-jalan dan menciptakan keonaran di kota.



3.  Gran Turismo 4


Total penjualan: 11,7  juta kopi

Kesuksesan serial game balap Gran Turismo pada konsol PSX tampaknya sangat mempengaruhi popularitas serial selanjutnya di konsol PS2.  Dirilis pada akhir tahun 2004, permainan ini benar-benar bagaikan surga bagi anda pecinta mobil.  Ada lebih dari 700 mobil dari 80 merk yang berbeda, mulai dari model klasik hingga futuristik yang ditampilkan dalam Gran Turismo 4.

Tak hanya balap di sirkuit biasa, Gran Turismo 4 juga menawarkan berbagai mode permainan yang berbeda.  Salah satunya adalah Driving Mission, di mana ada berbagai tantangan di dalamnya, seperti harus memenangkan balap dengan mobil yang kelasnya di bawah musuh-musuh anda.



2.  Gran Turismo 3: A-Spec


Total penjualan: 14,8  juta kopi

Sama seperti Final Fantasy X, game ini juga dirilis pada periode-periode awal peluncuran PlayStation 2 dan menjadi salah satu permainan paling ditunggu pada saat itu.  Penggemar game balap di kala itu benar-benar menantikan kehadiran serial baru Gran Turismo yang dikabarkan memiliki grafis yang jauh lebih bagus dan gameplay yang lebih realistis dibandingkan serial pendahulunya di konsol PSX.
Terbukti, permainan ini menjawab harapan para gamer di seluruh dunia dengan sangat baik.  Selain grafis yang meningkat drastis, ada sekitar 180 mobil yang bisa anda uji kehebatannya di atas trek, termasuk 6 mobil autentik dari ajang balap Formula 1.



1.  Grand Theft Auto: San Andreas


Total penjualan: 17,3  juta kopi

Akhirnya terungkap sudah serial game terpopuler untuk konsol PS2.  Grand Theft Auto San Andreas menjadi bukti bahwa setiap game yang dirilis Rockstar mampu menjadi hit di kalangan gamer seluruh dunia.  Game open-world ini menyajikan petualangan yang lebih seru, kota yang lebih luas, dan grafis yang lebih realistis dibanding serial pendahulunya.
Tak hanya di konsol PS2, GTA San Andreas juga meraih sukses besar di konsol PC dan Xbox.  Jika menilik asyiknya petualangan anda di kota San Andreas serta berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan, mulai dari pencurian, balap mobil, berpacaran, dan perang antar geng; tampaknya tidak berlebihan jika akhirnya game ini dinobatkan sebagai judul terpopuler yang pernah dibuat untuk konsol PS2.

0 Response to "10 Game PS2 Terpopuler"

Posting Komentar