10 Game RPG Terbaik Sepanjang Masa

Permainan Role-Playing Game atau kerap disingkat sebagai RPG adalah salah satu jenis video game yang paling digemari di seluruh dunia.  Dalam game ini, anda berperan menjadi seorang tokoh di dunia fantasi, berpetualang merekrut tokoh-tokoh lain untuk bertarung bersama anda, menaikkan level dan kekuatan tempur, serta masuk ke dalam cerita yang sangat menyentuh.

Pada kesempatan ini, inogame akan mengulas sepuluh franchise game RPG terbaik sepanjang masa, yang tidak hanya populer, namun juga memiliki kualitas yang membuat kita benar-benar seolah hidup dalam dunia di dalamnya.  Langsung saja, berikut daftar game-game tersebut:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Genso Suikoden






Serial Suikoden mulai dikenal secara luas sejak dirilis untuk konsol PlayStation pada tahun  1995, dan serial terakhir ini dirilis pada tahun 2012 untuk PlayStation Portable (PSP).  Dari setiap serinya, Suikoden hampir memiliki jalan cerita yang sama, di mana anda berperan sebagai seorang komandan sebuah negara yang bertugas merekrut 108 karakter lain untuk bergabung ke dalam pasukan.


Suikoden sangat menarik untuk dimainkan karena memiliki jalan cerita yang dramatis, dan sensasi ketika anda berhasil mengumpulkan ke-108 karakter lain benar-benar memuaskan.  Desain karakter yang bisa anda mainkan pun bermacam-macam, mulai dari manusia hingga monster berukuran besar.



9.  Fallout


Fallout adalah sebuah serial video game yang populer di konsol PC.  Game ini bercerita tentang kehidupan anda sebagai seseorang di sebuah negeri fantasi post-apocalypse di mana di dalamnya terdapat banyak robot dan monster-monster jahat.  Di sini, anda bisa dengan bebas memilih peran, mulai ikut menjadi penjahat, atau menjadi tokoh baik yang memerangi penjahat tersebut.

Dunia yang luas, gameplay yang seru, serta banyak hal yang bisa dikostumisasi membuat Fallout sangat menarik untuk dimainkan.  Serial terbaru yang berjudul Fallout New Vegas juga sempat memenangkan penghargaan sebagai salah satu RPG terbaik di dunia.



8.  Dragon Quest


Di periode 90-an, Dragon Quest adalah franchise RPG yang menjadi saingan berat Final Fantasy.  Game ini bercerita tentang petualangan seorang anak di negara fantasi.  Game ini juga memiliki nilai plus tersendiri, di mana monster-monster di dalamnya didesain oleh Akira Toriyama, kreator dari manga Dragon Ball.

Dragon Quest pertama kali dirilis pada tahun 1986 untuk konsol NES.  Sepanjang perilisannya, serial game ini lebih banyak dirilis di Jepang, dan bisa dibilang kurang populer di Amerika.  Hal ini yang membuat Dragon Quest tidak bisa menandingi serial Final Fantasy dari segi penjualan.



7.  Seiken Densetsu


Seiken Densetsu adalah serial RPG dengan embel-embel titel "Mana", contohnya seperti Legend of Mana, Secrets of Mana, dan Swords of Mana.  Game ini memiliki ciri khas perpaduan grafis 2 dimensi dan 3 dimensi yang sangat artistik, serta sistem pertempuran yang sedikit mirip dengan game action.

Legend of Mana adalah salah satu serial RPG PSX yang sangat indah dan meraih berbagai penghargaan.  Game dari serial Seiken Densetsu juga ditandai dengan jalan cerita non-linear, di mana anda bisa menentukan sendiri cerita yang akan diraih oleh para karakter.  Selain itu, ada juga kemampuan di mana anda bisa menciptakan magic, menangkap monster, serta menempa sendiri senjata anda.

 

6.  Chrono Series


Sebagai sebuah franchise RPG, nama Chrono series tidaklah berumur panjang.  Namun hal ini tidak berarti game-gamenya bisa dilupakan begitu saja.  Nama Chrono Trigger dan Chrono Cross hingga saat ini masih dianggap sebagai RPG terbaik sepanjang masa yang mampu menaikkan standar sebuah permainan Role Playing Game.

Chrono series menceritakan tentang penjelajahan waktu, di mana sang karakter bisa berpindah ke dua dimensi yang berbeda.  Chrono Trigger didesain langsung oleh Akira Toriyama untuk konsol SNES, sedangkan Chrono Cross adalah satu dari sedikit RPG PlayStation yang mampu meraih nilai review sempurna, 10 dari 10 di berbagai website game ternama dunia.

 

5.  Dragon Age Origins


Serial RPG ini tergolong baru, dirilis tepatnya pada tahun 2009 oleh Electronic Arts.  Di sini, anda bisa mendesain sendiri karakter utama, melengkapinya dengan berbagai persenjataan, serta menentukan berbagai kemampuan yang dimilikinya.  Dragon Age Origins series juga memiliki kelebihan dalam jalan cerita yang sangat kompleks.

Dalam game ini, anda bisa memilih untuk menjadi sosok pahlawan abad pertengahan yang berhati baik, atau sosok haus darah yang berburu keuntungan pribadi.  Kemampuan untuk memainkan karakter yang anda sukai dan menentukan jalan cerita sendiri inilah yang membuat game ini benar-benar bersinar.



4.  Valkyrie Profile


Serial Valkyrie Profile mungkin tidak terlalu populer, namun game ini menjadi salah satu yang wajib dimainkan oleh penggemar RPG.  Ini karena game ini mengandung unsur-unsur role playing terbaik yang bisa membuat anda merasa terhanyut di dalamnya.  Sejauh ini, Valkyrie Profile sudah dirilis untuk konsol PSX, PlayStation 2, dan NDS.

Selain grafis yang memukau dan jalan cerita yang sarat akan drama, battle system dari Valkyrie Profile juga sangat mengasyikkan.  Ada berbagai misi utama dan misi sampingan yang apabila dimainkan bisa membuat anda cukup ketagihan.



3.  Mass Effect


Mass Effect adalah salah satu contoh game RPG modern yang baru saja dirilis pada tahun 2007.  Game ini menjanjikan grafis yang memukau dan jalan cerita yang benar-benar membuat anda merasa terhanyut dalam masa perang antar galaksi.  Kemampuan anda untuk menciptakan sendiri sosok tokoh utama yang bernama Commander Shepard benar-benar membuat game ini bersinar.

Tak hanya secara fisik, anda bisa mengontrol tokoh anda juga dari segi mental dan caranya menghadapi masalah.  Berbagai keputusan yang anda ambil dalam game pada akhirnya akan menentukan ending game ini.  Selain itu, Mass Effect juga dikenal tidak segan mengeksploitasi berbagai adegan ranjang di dalamnya.



2.  The Elder Scrolls


Serial The Elder Scrolls benar-benar berhasil merebut hati para gamer, terutama setelah Morrowind yang merupakan serial ketiga game ini dirilis pada tahun 2002.  Bagaimana tidak, game ini menjanjikan sebuah dunia yang sangat besar untuk dijelajahi, di mana anda bebas melakukan berbagai misi atau hanya sekedar bereksplorasi.

Hampir setiap serial The Elder Scrolls juga menjanjikan ratusan jam yang menyenangkan untuk dimainkan.  Setelah kesuksesan luar biasa dari serial The Elder Scrolls : Skyrim, franchise ini tampaknya mulai membidik pasar online dengan merilis The Elder Scrolls Online yang siap dimainkan pada tahun 2014 nanti.



1.  Final Fantasy


Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Final Fantasy adalah franchise game RPG terbaik sepanjang masa.  Game yang dikembangkan oleh Squaresoft (sekarang bernama SquareEnix) berhasil menjadi sebuah legenda baik dari segi kualitas maupun pemasaran.  Di setiap konsol, selalu saja bisa dijumpai nama game Final Fantasy, dan popularitas serta kualitasnya pun sangat tinggi.

Pertama kali dirilis sejak tahun 1987, game-game Final Fantasy selalu menjadi game yang mampu merajai sebuah konsol.  Mulai dari kesuksesan Final Fantasy 7,8,9 di konsol PSX; Final Fantasy X, XI, XII yang berhasil menjadi game PS2 terpopuler; Final Fantasy versi online; hingga versi remake game-game klasiknya membuktikan kapasitas franchise Final Fantasy sebagai yang terbaik di dunia.  Tak hanya di dunia game, serial ini juga dengan sukses merambah dunia film, cosplay, manga, bahkan anime.

0 Response to "10 Game RPG Terbaik Sepanjang Masa"

Posting Komentar