7 RPG Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Jepang dikenal sebagai salah satu negara penghasil video game berkualitas terbaik selain Amerika Serikat.  Negara ini memang dikenal memiliki banyak programmer handal yang kompeten di bidangnya, serta desainer yang ahli menciptakan berbagai karakter game yang sangat keren dan menarik.

Dalam artikel ini, inogame akan membahas lebih dalam mengenai tujuh franchise game RPG Jepang terbaik sepanjang masa selain franchise Final Fantasy, karena kami berniat untuk membuat artikel tersendiri untuk franchise ini.  Berikut daftarnya:



7.  Xenogears


Dengan setting futuristik, Xenogears berfokus pada petulangan dengan para robot (robot berukuran raksasa seperti dalam film Transformers) dan memiliki sistem tempur yang sangat unik. Yang membuat permainan ini sangat menarik  adalah plot cerita yang kuat, sekuat dengan serial-serial game Final Fantasy terbaik. Permainan bersetting di sebuah dunia yang dilanda perang, di mana negara-negara saling berebut kekuasaan dan sumber daya alam.   Negara-negara tersebut berlomba-lomba menyewa para prajurit terkuat untuk menghancurkan musuh
 
Secara mekanik, serial Xenogears sangat berbeda jika anda membandingkannya dengan kebanyakan game Final Fantasy. Walaupun sama-sama bersifat turn based, ada beberapa unsur yang membuat Xenogears menjadi lebih menarik. Ada sistem yang disebut dengan "Dual Battle" yang memungkinkan pemain untuk bertempur dengan mengendarai robot-robot besar. Tak banyak unsur penekanan pada sihir, mengingat Xenogear berfokus di dunia yang futuristik. 
 
Xenogears disajikan dengan gaya anime yang sangat indah. Kombinasi grafis 2D dan 3D terlihat sangat apik. Secara keseluruhan, Xenogears adalah sebuah JRPG yang sangat layak untuk dimainkan, terutama bagi pecinta RPG-RPG Jepang.



6.  Lost Odyssey


"Lost Odyssey" adalah sebuah permainan yang akan mengingatkan anda pada game Final Fantasy modern, terutama yang dibuat setelah era PS2. Lost Odyssey berfokus pada petualangan Kaim, seorang protagonis yang sangat pemberani. Fakta bahwa Lost Odyssey dikembangkan oleh pencipta game Final Fantasy adalah salah satu alasan utama untuk memainkan game ini.
 
Sistem pertempuran masih menganut metode tradisional, yaitu turn-based system. Pertempuran dapat terjadi secara acak. di tengah petualangan anda menjelajahi dunia fantasi yang berukuran besar besar. Sebuah aspek yang menarik dari pertempuran adalah "Aim Ring System", yang merupakan sistem quick-time yang memungkinkan pemain untuk menciptakan combo srangan yang kuat.

Selama pertempuran, pemain dapat menambahkan maksimal lima karakter untuk tim mereka. Permainan memiliki sistem mantra dan sihir seperti dalam serial FF. Sihir-sihir ini bisa dipelajari melalui buku-buku sihir, melalui misi khusus, atau setelah mencapai level tertentu.

Lost Odyssey memiliki grafis yang cantik dan ratusan monster fantastis untuk dilawan. Sayangnya, game ini tidak tersedia untuk konsol lain kecuali Xbox 360.



5.   Dragon Quest


Dragon Quest sering diistilahkan sebagai "kakek" dari game RPG Jepang . Hampir setiap JRPG yang diproduksi pada tahun 90-an terinspirasi oleh gameplay Dragon Quest. Bahkan, banyak elemen gameplay Final Fantasy yang dipinjam dari gameplay Dragon Quest.

Dragon Quest memiliki jalan cerita yang sangat familiar, di mana seorang pahlawan bertugas untuk menyelamatkan dunia dari cengkeraman seorang panglima perang yang jahat. Sang pahlawan, bersama dengan teman-temannya, mengeksplorasi dunia baru yang fantastis, melawan berbagai monster mengerikan, dan menyelesaikan berbagai misi untuk mendapatkan poin dan mengumpulkan harta. Pertempuran disajikan dalam sistem turn-based dengan sedikit elemen strategi. Elemen familiar lainnya termasuk pertempuran melawan boss yang kuat, eksplorasi dungeon, dan sistem kelas serta skill yang unik.


Dragone Quest sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka bermain JRPG klasik . Seperti role-playing game lainnya,  game ini menawarkan banyak variasi . Jika Anda adalah seorang penggemar role-playing game atau ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah game jenis ini, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memainkan Dragon Quest.



4.  Kingdom Hearts


Jika anda mencari permainan sejenis Final Fantasy yang menarik untuk dimainkan, maka saya secara personal merekomendasikan anda untuk memainkan Kingdom Hearts ( KH ) . Meskipun tidak inovatif dan memiliki cerita mendalam seperti FF, permainan ini memiliki sistem tempur real-time yang bagus dan sangat unik. Tentu saja, hal paling luar biasa tentang seri KH adalah dimasukkannya berbagai karakter Final Fantasy dan Walt Disney. Ada juga berbagai lokasi yang menyerupai tempat-tempat fantastis yang sering anda saksikan dalam film kartun Disney

Kingdom Hearts memiliki gameplay sangat mirip dengan role-playing game, walaupun juga memiliki sedikit elemen action. Pertempuran berlangsung secara real -time, dengan Sora sebagai seorang protagonis yang dibantu oleh teman-temannya (Gufi dan Donal Bebek) untuk mengalahkan berbagai monster .


KH meminjam banyak elemen gameplay, termasuk sistem hack-and - slash, dari Final Fantasy. Tidak ada sistem pertempuran turn-based seperti pada RPG tradisional. Sistem XP memungkinkan pemain untuk menaikkan level karakter mereka dengan kemampuan baru dan kekuatan setelah mereka mengumpulkan cukup poin experience (EXP). EXP dibagi rata di antara semua anggota tim anda, dan hal ini secara tidak langsung akan mempermudah karakter yang lemah untuk lebih cepat naik level..


Saya sangat merekomendasikan dua judul pertama dari Kingdom Hearts (KH dan KH2) untuk dimainkan. Kedua game pertama serial ini terbilang paling inovatif dan menarik. Pemain bisa memegang dua senjata pada saat yang sama . Selain itu grafis dalam KH2 menunjukkan peningkatan yang nyata dibandingkan pertandingan pertama. Game ini cocok dimainkan bagi anda yang menginginkan sedikit elemen action dalam sebuah game RPG.



3.  Chrono Trigger


Sebagai salah satu game RPG Jepang terbaik , Chrono Trigger menawarkan beberapa fitur unik yang sangat berbeda dari game sejenisnya -seperti sistem pertarungan . Beberapa fitur membuat gameplay lebih mendalam dan menarik. Alur cerita memiliki beberapa ending yang berbeda dan di dalam permainan ada sangat banyak misi sampingan yang bisa anda lakukan.

Yang paling membuat saya terkesan dari permainan ini adalah tidak adanya sistem pertempuran acak yang tiba-tiba terjadi. Anda bisa melihat musuh-musuh anda berkeliaran di suatu lokasi tertentu, dan pertempuran hanya terjadi ketika anda berinteraksi dengan musuh tersebut. Tidak ada serangan mendadak, dan hal ini berarti anda dapat lebih mempersiapkan diri.


Aspek menyenangkan pertempuran adalah penggunaan "Techs"- sebuah kekuatan khusus yang dapat dikombinasikan untuk menciptakan serangan yang kuat. Ada berbagai combo serangan yang bisa diciptakan, baik dalam bentuk serangan fisik maupun magic.

 
Salah satu fitur permainan yang paling inovatif adalah adanya perjalanan waktu . Pemain dapat mengakses beberapa periode waktu yang berbeda, melakukan perjalanan ke masa lalu, merekrut karater baru ke dalam tim, dan tentu saja bertempur melawan monster. Setiap tindakan di masa lalu mempengaruhi masa depan. Hal ini membuka beberapa kemungkinan dan ending yang berbeda, yang layak membuat Chrono Trigger layak dimainkan lebih dari satu kali.

Chrono Trigger adalah salah satu pelopor awal role-playing game di Jepang. Bahkan hingga sekarang, game ini masih dimainkan oleh banyak penggemar RPG. Jika anda mencari sebuah game RPG klasik yang berkualitas, maka Chrono Trigger tak perlu dipertanyakan lagi harus anda coba mainkan.



2.  Shadow Hearts


Dalam game ini, anda akan menemukan banyak hal-hal aneh bahkan mengerikan yang disajikan dalam bentuk dialog dan potongan-potongan adegan dari berbagai periode, contohnya saat revolusi Industri . Ada beberapa elemen dari Shadow Hearts yang penuh misteri, membuat anda bertanya-tanya, namun ada juga yang bisa membuat anda benar-benar merasa ketakutan.
 
Walaupun sepintas memiliki jalan cerita yang klise, di mana tokoh utama berjuang untuk menemukan cinta sejatinya, Shadow Hearts benar-benar berbeda dari game RPG Jepang yang lainnya.


Selain alur cerita yang mencekam, pertempuran dalam game ini juga disajikan dengan sangat inovatif. Sistem yang disebut dengan "judgement ring" menuntut ketangkasan dan kecermatan anda dalam menentukan timing serangan.  Makin tepat, makin tinggi pula damage yang ditimbulkan.


Secara visual, Shadow Hearts disajikan dengan cukup memukau. Desain karakter dirancang dengan baik dan latar belakang animasi juga cukup memesona.   Jika anda mencari sebuah game yang memiliki plot cerita yang luar biasa dan sistem pertempuran yang solid, maka anda harus memainkan Shadow Hearts.
 


1.  Breath of Fire 


Breath of Fire adalah salah satu game RPG jepang terbaik yang terinspirasi oleh Dragon Quest dan dikenal memiliki plot cerita yang mencengangkan. Meskipun setiap serial Breath of Fire memiliki cerita tersendiri, cerita-cerita tersebut tetap berhubungan dengan tema utama dalam game ini.

Breath of Fire tentu akan menarik bagi mereka yang suka akan petualangan yang melibatkan naga dan berbagai mitos legenda. Karakter utama yang bernama Ryu memiliki kemampuan untuk merubah dirinya menjadi berbagai jenis naga. Kekuatannya dalam pertempuran pun akan meningkat drastis jika ia berubah menjadi naga, namun hal ini hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

 
Permainan JRPG ini mengikuti mekanisme dan gameplay RPG tradisional. Gameplay sangat mirip dengan serial-serial Final Fantasy dan ada juga berbagai unsur-unsur yang diambil dari Dragon QuestAda berbagai misi sampingan untuk diselesaikan, NPC untuk diajak berinteraksi, dan pertempuran acak melawan berbagai monster.


Breath of Fire juga menambahkan beberapa elemen puzzle dan sistem mantra sihir yang kuat. Pertempuran mewlan boss dalam game ini cukup sulit, memerlukan kejelian dan strategi tersendiri dari para karakter.

Dengan desain karakter yang unik dan dunia fantasi yang penuh rahasia, Breath of Fire layak masuk dalam jajaran game RPG Jepang terbaik sepanjang masa.

0 Response to "7 RPG Jepang Terbaik Sepanjang Masa"

Posting Komentar