50 Game PSX Terbaik di Dunia [Inogame]

Industri game berkembang pesat di Indonesia sejak konsol PlayStation atau PSX mulai memasuki negeri ini di paruh kedua tahun 90-an. Sejak masuknya mesin game ini, ribuan, bahkan jutaan rental mulai bermunculan. Animo bermain game pun meningkat drastis karena konsol PSX menawarkan lebih banyak pilihan permainan yang lebih seru dan menantang dibandingkan ketika zaman Nintendo atau SEGA.

Nah, inogame akan mencoba menghadirkan daftar tentang 50 game PS1 terbaik sepanjang masa. Game-game ini dianggap menjadi salah satu inspirasi besar dalam perkembangan permainan virtual dan telah melahirkan judul-judul baru yang masih diproduksi hingga saat ini. Beberapa judul pasti terkesan familiar bahkan mungkin sudah pernah anda tamatkan, namun pasti ada beberapa judul yang bahkan belum pernah anda dengar. Yang jelas, daftar ini dibuat berdasarkan popularitas internasional suatu game, kualitas (tercermin dari nilai review berbagai media), dan jumlah penjualan.


50.  Rival School


Rival School adalah sebuah game fighting 3 dimensi karya CAPCOM yang tidak hanya memuat unsur pertarungan. Di dalamnya ada juga elemen simulasi, di mana anda berperan sebagai murid sebuah SMA yang dipenuhi dengan para petarung kuat. Unsur simulasi memungkinkan anda untuk memilih berbagai kegiatan ekstra kurikuler, berteman dengan siswa lain, berkencan, dan sebagainya. Menggabungkan grafis 3 dimensi dan 2 dimensi, game berkualitas ini menyajikan presentasi yang sangat indah. Sayang, permainan ini kurang populer karena hanya dirilis dalam bahasa Jepang.


49. Crash Team Racing

Permainan ini adalah pengembangan game Crash Bandicoot dalam kategori balap dan merupakan serial Crash Bandicoot terakhir yang dikembangkan oleh Naughty Dog. Cerita dalam game ini berfokus pada upaya tim Crash yang harus beradu cepat dengan karakter jahat, Nitros Oxide, untuk menyelamatkan planet mereka dari kehancuran. Dalam permainan, pemain dapat mengontrol salah satu dari lima belas karakter dari serial Crash Bandicoot untuk berlomba dalam berbagai lintasan. Selama balapan, pemain bisa mengambil benda-benda tertentu untuk meningkatkan power up, menambah kecepatan, atau melepaskan serangan ke arah musuh.


48. Mega Man X4

Game Mega Man adalah permainan berjenis platformers 2D yang mengharuskan Anda untuk menembak seluruh musuh sebelum bisa melanjutkan ke level berikutnya. Mega Man X4 memiliki beberapa elemen terbaik dibandingkan seri-seri lainnya serta memiliki tingkat kesulitan yang cukup pas. Ada pula fitur di mana pemain bisa memilih untuk bermain sebagai Mega Man atau Zero. Permainan ini simpel namun cukup menghibur.


47. Tomba 2: The Evil Swine Return

Game ini menceritakan petualangan seorang anak liar bernama Tomba dalam usaha menyelamatkan temannya yang disandera oleh gerombolan babi-babi jahat. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk menyelesaikan semua 137 misi yang menarik dan menyenangkan. Menyelesaikan misi akan membantu anda mendapatkan "Adventure Points", yang dapat digunakan untuk membuka kotak harta khusus yang tersebar di seluruh dunia permainan. Sepanjang permainan berlangsung, Tomba dapat memperoleh pakaian yang memberinya kemampuan khusus. Sebagai contoh, pakaian tupai terbang yang memungkinkan Tomba untuk melayang sedangkan pakaian babi memungkinkan Tomba untuk berkomunikasi dengan babi yang baik hati.


46. Resident Evil 3: Nemesis

Game ini berkisah tentang petualangan Jill Valentine, seorang polisi wanita di Raccoon City yang dipenuhi oleh zombie ganas. Tak hanya mayat hidup, ia harus melawan monster berukuran raksasa yang disebut "Nemesis", yang menerornya di sepanjang petualangan. Resident Evil 3: Nemesis total terjual 3,5 juta kopi di seluruh dunia. Dale Weir, seorang kritikus video game bahkan menyebut permainan ini sebagai "judul terbaik yang pernah diproduksi sepanjang serial Resident Evil".


45. Persona 2: Eternal Punishment

Sebuah game horor RPG yang memungkinkan Anda bermain sebagai seorang jurnalis majalah yang mencoba mengungkap misteri pembunuh berantai yang menyebut dirinya sebagai "Joker". Seluruh plot dan gameplay di Persona 2 disajikan dengan cukuo unik dan mememerlukan waktu yang cukup panjang dan konsentrasi tinggi untuk menamatkannya.


44. Bishi Bashi Special

Game ini terdiri dari puluhan mini game konyol yang bisa dipilih. Contohnya adalah lomba melempar kue pernikahan, yang terjauh akan mendapat skor yang lebih tinggi. Ada pula lomba lari, lomba mengocok Coca-Cola, lomba makan cepat, dan berbagai kontes lainnya. Yang jelas, permainan ini menuntut anda untuk menekan tombol kontroller secepat dan seliar mungkin untuk memenangkan sebuah minigame.


43. Dino Crisis 2

Capcom memutuskan untuk merilis permainan ini dengan menciptakan permaianan yang lebih berorientasi pada action dan mengurangi penekanan pada elemen survival horror yang banyak ditemukan dalam serial Resident Evil. Dino Crisis 2 sebagian besar berisi aksi anda menghabisi berbagai jenis dinosaurus,dengan senjata yang berbeda atau mencoba melarikan diri dari para predator ganas ini. Dengan unsur aksi yang sangat dominan, game ini pastinya sangat seru untuk dimainkan.


42. Tomb Raider: The Last Revelation

The Last Revelation adalah judul yang memiliki unsur-unsur terbaik yang ditambahkan dari permainan Tomb Raider sebelumnya. Dalam game ini, Lara Croft akan menemukan petualangan yang lebih seru, disajikan dalam grafis yang lebih bagus. Game ini juga menghilangkan beberapa fitur yang dianggap membosankan dan menambahkan unsur puzzle yang lebih menantang.


41. Valkyrie Profile

Permainan memungkinkan Anda bermain sebagai seorang dewi yang berusaha merekrut jiwa-jiwa prajurit yang telah mati untuk mengikuti peperangan di dunia para dewa. Setiap prajurit harus dilatih baik dalam kemampuan tempur maupun sifat-sifat dasarnya. Gameplay utama diberfokus pada eksplorasi dungeon dan mencari anggota baru di kota-kota dan desa-desa. Seluruh permainan disajikan dalam nuansa yang sangat suram namun indah, dengan cerita-cerita dari peristiwa-peristiwa yang menyebabkan kematian dari masing-masing anggota baru yang cukup mengesankan dan tragis.


40. Rayman 2: The Great Escape


Rayman 2 berlangsung di dunia yang disebut Glade of Dreams. Tentara Robot Pirates, dipimpin oleh Admiral Razorbeard, menyerang dunia ini dan menghancurkan Heart of the World, inti dunia. Tugas anda sebagai Rayman adalah mencoba mencegah kejahatan ini sekaligus menyelamatkan teman anda yang disandera oleh pasukan musuh. Rayman 2 menerima pujian dari kalangan kritikus dan fans, mendapat nilai 9,2 dari website review IGN.


39. Marvel vs Capcom: Clash of Superheroes

Sebuah game fighting dua dimensi yang sangat seru. Permainan ini menampilkan berbagai karakter dari berbagai franchise Capcom seperti Mega Man dan Strider di samping karakter dari Street Fighter dan tokoh dari komik Marvel seperti Hulk, Spiderman, Wolverine, dan masih banyak lagi. Permainan berlangsung dalam dunia komik Marvel, di mana anda harus mencoba menghentikan ambisi Magneto untuk menguasai dunia.


38. Harvest Moon: Back to Nature

Sebuah permainan simulasi kehidupan yang dianggap sebagai salah satu game Harvest Moon terbaik. Anda berperan sebagai seorang anak muda yang mewarisi lahan pertanian dari sang kakek. Lahan pertaninan itu pada awalnya subur, namun menjadi tidak terurus setelah sang kakek meninggal. Walikota membicarakan beberapa hal dengan penduduk desa, dan mereka telah memutuskan bahwa dia bisa tinggal sebagai pemilik sah jika ia bisa mengembalikan pertanian tersebut ke keadaan semula dalam waktu tiga tahun. Jika ia tidak bisa mengembalikan pertanian atau bergaul dengan penduduk desa, ia harus pergi. Game ini memiliki berbagai aktivitas di dalamnya, seperti bercocok tanam, beternak, dan mengikuti berbagai festival lokal.


37. Time Crisis

Time Crisis adalah game first person rail shooter yang mirip dengan Virtua Cop dan The House of the Dead, di mana pemain memegang senjatadan harus menembaki musuh yang nampak di layar dalam waktu tertentu. Time Crisis terkenal karena sistem coveringnya, di mana pemain dapat berlindung di balik berbagai objek untuk menghindari tembakan musuh dan me-reload senjata. 


36. Syphon Filter 2

Syphon Filter adalah permainan berbasis action dengan sudut pandang orang ketiga, di mana Anda mengendalikan agen khusus bernama Gabe Logan. Gameplay terutama difokuskan pada menembak musuh, dan berbagai misi yang bervariasi pada setiap levelnya.


35. Super Shot Soccer

Permainan ini memiliki lebih dari 30 tim nasional (yang lolos dalam Piala Dunia 2002) yang memiliki kekuatan khusus. Permainan sepakbola disajikan dengan gaya seperti Shaolin Soccer, di mana pemain bisa mengeluarkan berbagai jurus maut seperti tendangan super keras, umpan jarak jauh super akurat, sundulan maut, dan kecepatan lari yang mengagumkan. Game ini cukup populer di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.


34. Digimon Rumble Arena

Permainan ini adalah game fighting yang memungkinkan anda bertarung dengan monster-monster dalam dunia Digimon. Ada 24 karakter yang bisa dimainkan di Digimon Rumble Arena, semua berasal dari Digimon Adventure dan Digimon Tamers anime. 9 karakter tersedia di awal permainan, sementara 15 lainnya memerlukan password atau penyelesaian misi tertentu untuk bisa dimainkan. Game ini cukup seru, terutama bagi anda penggemar anime Digimon.


33. Threads of Fate

Sebuah game action-RPG dengan grafis tiga dimensi yang cukup bagus pada era PSX. Anda bisa memainkan dua karakter protagonis, Rue dan Mint, keduanya berencana untuk mendapatkan Relic (sumber energi terkuat) untuk alasan yang berbeda. Rue ingin menghidupkan kembali teman yang sudah meninggal Claire yang tewas dalam konfrontasi dengan Doll Guru, sementara Mint, seorang putri, ingin merebut kembali tahtanya yang direbut oleh adiknya, Maya.


32. Colin McRae Rally 

Pertama kali rilis pada tahun 1998, serial Colin McRae Rally dinilai telah mampu menuai sukses secara kualitas dan komersial dan diakui sebagai pelopor permainan olahraga reli balap yang realistis. Serial ini dinamai berdasarkan nama pembalap World Rally Championship Colin McRae, yang memberikan saran teknis selama pengembangan game. Ada berbagai lintasan balap yang bisa anda temui di seluruh dunia, dengan berbagai kondisi trek yang bermacam-macam.


31. Final Fantasy Tactics


Game ini adalah salah satu game strategi RPG terbaik yang pernah dibuat untuk konsol PSX. Final Fantasy Tactics bersetting dalam kerajaan abad pertengahan bernama Ivalice yang diciptakan oleh Yasumi Matsuno. Cerita game berkisar tentang Ramza Beoulve, seorang prajurit keturunan bangsawan yang menemukan dirinya didorong masuk ke tengah-tengah konflik militer yang rumit yang dikenal sebagai The Lion War, di mana dua kubu saling berebut tahta kerajaan. Selama cerita berlangsung, Ramza dan sekutu-sekutunya menemukan rencana jahat di balik perang dan harus berusaha menghentikan rencana jahat tersebut.


30. Grandia II


Grandia II adalah video game RPG, salah satu yang terbaik yang pernah dibuat untuk konsol PSX. Permainan diatur dalam dunia fantasi ribuan tahun silam setelah pertempuran antara Granas, dewa cahaya, dan Valmar, dewa kegelapan, yang hampir menghancurkan seluruh umat manusia. Permainan ini memiliki grafis yang indah, battle system yang unik, dan jalan cerita yang penuh dengan humor dan drama.


29. Quake II

Quake II berlangsung dalam lingkungan fiksi ilmiah. Dalam game pemain mengambil peran seorang Marinir bernama Bitterman yang mengambil bagian dalam "Operasi Overlord Alien", sebuah upaya untuk melindungi Bumi dari invasi alien dengan meluncurkan sebuah serangan balik ke planet bangsa Strogg. Sebagian besar tentara yang mengikuti operasi ini ditangkap atau dibunuh segera setelah mereka memasuki atmosfer planet sebagaimana ditampilkan dalam intro permainan. Tinggalah Bitterman seorang diri yang harus menembus ibukota Strogg dan membunuh pemimpin bangsa Strogg, Makron.


28. Crash Bash

Crash Bash adalah permainan minigame yang bisa dimainkan hingga empat pemain, dibuat berdasarkan karakter franchise Crash Bandicoot. Permainan ini memiliki beberapa minigames yang membutuhkan tujuan dan taktik yang berbeda, meskipun tujuan umumnya adalah untuk mengalahkan semua lawan lain dengan mengurangi health mereka ke nol atau melemparkan mereka keluar arena. 


27. Monster Rancher

Sebuah permainan yang lucu, mengombinasikan unsur memelihara monster, petualangan, dan pertarungan. Di sini anda bisa juga mengombinasikan beberapa monster untuk mendapatkan spesies baru yang lebih kuat. Selain unsur simulasi, game ini juga memiliki elemen RPG dan fighting, membuatnya menjadi favorit banyak gamer di masa kejayaan PSX.


26. Spyro: Year of the Dragon

Dirilis untuk memperingati tahun Naga Emas (tahun 2000) dalam game ini pemain mengontrol seorang naga kecil berwarna Spyro. Pemain harus menempuh perjalanan melintasi tiga puluh dunia yang berbeda sambil mengumpulkan permata dan telur naga. Ada pula penambahan karakter baru dan peningkatan grafis dan musik yang digunakan dalam game. Setelah dirilis, permainan ini terjual lebih dari dua juta unit di Amerika Serikat, dan mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan.


25. Front Mission 3

Front Mission 3 adalah judul ketiga yang dirilis dalam seri Front Mission. Seperti judul Front Mission lainnya, Front Mission 3 adalah menyajikan alur cerita seputar berbagai karakter dan perjuangan mereka dalam bertempur menggunakan robot-robot raksasa yang disebut dengan nama "wanzers".Front Mission 3 telah terjual lebih 290 ribu kopi di Jepang pada tahun pertama peluncurannya, dan mendapat nilai review rata-rata 80 persen.


24. Silent Hill

Tujuan utama game ini adalah adalah untuk membawa karakter utama, Harry Mason, melalui kota hantu untuk mencari putrinya yang hilang, Cheryl. Gameplay Silent Hill terdiri dari pertempuran, eksplorasi, dan memecahkan teka-teki. Permainan ini disajikan dengan sudut pandang orang ketiga, dengan kamera sesekali beralih ke sudut lain untuk efek dramatis. Game ini dianggap sebagai salah satu pionir game survival horror terbaik yang menyajikan berbagai adegan menyeramkan dan menegangkan.


23. Winning Eleven 7

Sebuah game sepakbola berbahasa Jepang yang sangat digemari kalangan anak muda Indonesia. Saking populernya, ada beberapa pihak yang khusus membuat dan memasarkan Winning Eleven Liga Indonesia yang diproduksi secara indie. Game ini cocok dimainkan bersama kawan, atau jika sedang sendirian anda bisa mencoba menamatkan Tournament Mode atau Master League.


22. Vagrant Story

Permainan berlangsung di kerajaan fiksi Valendia dan kota hancur yang bernama LEA Monde. Cerita berpusat pada Ashley Riot, agen elit yang dikenal sebagai Riskbreaker, yang harus melakukan perjalanan ke LEA Monde untuk menyelidiki hubungan misterius antara pemimpin kultus dan anggota Valendian Parlemen senior, Duke Bardorba. Dalam prolog, Ashley dituduh bersalah karena membunuh sang Duke dan permainan mengungkapkan peristiwa yang terjadi satu minggu sebelum pembunuhan.
Vagrant Story adalah petualangan role-playing game unik di mana anda tak akan menemui toko-toko dan tidak ada interaksi dengan karakter lain. Permainan berfokus pada pertempuran, penciptaan senjata dan modifikasi, serta unsur memecahkan teka-teki.


21. Command & Conquer Red Alert

Sebuah game berbasis strategi perang yang dirilis dalam berbagai konsol, termasuk PSX. Command & Conquer: Red Alert berlangsung selama periode tahun 1950-an dari alam semesta paralel yang sengaja diciptakan oleh Albert Einstein untuk mencegah Perang Dunia II. Di sini anda harus mengendalikan berbagai macam unit tempur dan mencoba mengalahkan lawan-lawan anda. Game ini memiliki unsur strategi yang mendalam dan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.


20. Street Fighter Alpha 3


Sebuah game fighting dua dimensi yang menampilkan para karakter Street Fighter yang sudah familiar seperti Ken, Ryu, Blanka, Chun Li, dan lain-lain. Permainan ini dianggap menjadi satu-satunya rival kuat Tekken 3, game fighting yang sangat dominan dan populer pada era PSX.


19. Medal of Honor: Underground

Dalam Underground, pemain mengambil peran Manon Bonit, seorang wanita Perancis yang ikut berperan melawan Nazi dalam Perang Dunia II. Plot dari permainan dimulai sebelum Medal of Honor pertama, ketika Manon berjuang untuk Perlawanan Perancis sebelum pasukan Amerika memasuki medan perang di Eropa. Manon menjalankan beberapa misi rahasia di benua Eropa dan Afrika. Misi meliputi sabotase senjata pemusnah masal dan menyelamatkan tawanan perang. Ada berbagai level yang cukup realistis, bersetting di Yunani, Afrika Utara, Monte Cassino dan Jerman.


18. Tony Hawk's Pro Skater 2

Pemain berperan sebagai pemain skateboard profesional dan harus menyelesaikan sejumlah misi yang menghasilkan hadiah uang tunai. Dengan uang yang diperoleh, pemain kemudian dapat membeli tambahan skill dan trik, dan juga skateboard yang lebih baik. Dengan grafis yang sangat bagus dan gameplay yang membuat kecanduan, game ini mendapat nilai review rata-rata di atas 90 persen.


17. Grand Theft Auto 2

GTA 2 menyajikan permainan di mana Anda memiliki akses lengkap untuk menjelajahi seluruh kota dan berbagai misi untuk dilakukan (seperti misi pembunuhan dan kejar-kejaran). Walaupun demikian Anda bebas untuk memilih di mana Anda ingin melanjutkan permainan. Anda bahkan dapat mengabaikan misi utama dan hanya menyebabkan kekacauan di kota. Game yang sederhana ini menjadi cikal bakal franchise GTA yang saat ini merajai dunia video game internasional.


16. Crash Bandicoot: Warped

Cerita game ini berlangsung setelah peristiwa dalam game sebelumnya: Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back. Reruntuhan sebuah stasiun ruang angkasa yang disebut Vortex Cortex dikuasai oleh tokoh antagonis, Dokter Neo Cortex. Permainan mengikuti petualangan karakter utama Crash Bandicoot dan Coco Bandicoot saat mereka melakukan perjalanan melintasi waktu dan harus berusaha mengumpulkan berbagai kristal yang tersebar di seluruh dunia sebelum dikuasai oleh para penjahat.


15. Final Fantasy IX

Permainan ini memperkenalkan fitur baru untuk seri seperti 'Active Time Event', 'Mognet', dan kemampuan mengatur ability yang berbasis pada kristal. Plot Final Fantasy IX berpusat pada perang antar bangsa. Pemain mengikuti kisah seorang pencuri muda bernama Zidane Tribal, yang bergabung dengan teman-temannya untuk mengalahkan Ratu Brahne dari Alexandria, sosok yang bertanggung jawab memulai perang. Cerita menjadi semakin seru ketika para karakter menyadari bahwa ada sosok penjahat Brahne yang lebih berbahaya bernama Kuja, yang tak hanya ingin menguasai kerajaan, namun juga seluruh alam semesta.


14. Metal Slug

Gameplay Metal Slug sangat sederhana; pemain harus menembak para musuh untuk mencapai akhir setiap level. Pada titik ini, pemain harus menghadapi boss, yang biasanya jauh lebih besar dan lebih tangguh dari musuh biasa. Dalam perjalanan melalui setiap tingkat, pemain dapat menemukan berbagai upgrade senjata dan "Metal Slug" tank. Tangki dikenal sebagai SV-001 ("SV" singkatan untuk Super Vehicle), yang tidak hanya meningkatkan kekuatan tempur pemain, namun menambah kekuatan pertahanan mereka.


13. Chrono Cross

Chrono Cross adalah sebuah game RPG yang sangat berkualitas dari Square. Kisah Chrono Cross adalah salah satu kisah paling indah sepanjang masa dalam game RPG, berkisar seputar penjelajahan waktu, dengan karakter utama terdampar di sebuah dunia di mana tak seorang pun mengakui eksistensinya karena dia dianggap telah mati dengan tragis di usia muda. Disajikan dengan grafis yang menawan dan musik yang luar biasa indah, segala aspek dalam game ini mulai dari battle, pengaturan ability, hingga jalan cerita yang bercabang dan ending yang berbeda membuat Chrono Cross layak disebut sebagai salah satu game RPG PS1 terbaik sepanjang masa.


12. Final Fantasy VIII

Ada enam protagonis utama dalam Final Fantasy VIII yaitu: Squall Leonhart, seorang penyendiri yang fokus pada tugasnya untuk menyelamatkan dunia; Rinoa Heartilly, seorang wanita muda yang ceria dan penuh gairah yang mengikuti kata hatinya dalam segala situasi, Quistis Trepe, seorang instruktur akademi yang sangat cantik dan serius, Zell Dincht, seorang ahli bela diri yang sering bersikap sembrono, Selphie Tilmitt, seorang gadis ceria yang mencintai kereta api dan berperan sebagai pilot pesawat Ragnarok, dan Irvine Kinneas, seorang penembak jitu dan pria dambaan setiap wanita. Ada pula berbagai karakter sementara yang dapat dimainkan termasuk Laguna Loire, Kiros Seagill, dan Ward Zabac, yang muncul dalam "dunia mimpi Squall. Game ini menjual kisah cinta dan petualangan seru di dunia fantasi nan luas.


11. Resident Evil 2

Gameplay dari Resident Evil 2 berfokus pada eksplorasi, memecahkan teka-teki dan bertempur melawan zombie, dengan fitur elemen survival horror khas seperti terbatasnya amunisi dan save game. Perbedaan utama permainan dari pendahulunya adalah "Zapping System", yang menyediakan masing-masing karakter dua alur cerita yang unik dan berbeda (yang mengikuti kisah Leon dan Claire). Dikembangkan oleh tim dari 40-50 orang selama satu tahun dan sembilan bulan, Resident Evil 2 ini disutradarai oleh Hideki Kamiya dan diproduksi oleh Shinji Mikami. Judul ini hingga sekarang dianggap sebagai salah satu game Resident Evil terbaik yang pernah dibuat.


10. Ape Escape


Ape Escape adalah game petualangan PSX yang menceritakan kisah kera albino bernama Specter. Specter memiliki kecerdasan lebih karena sebuah helm yang diciptakan secara khusus oleh para ilmuwan.Game ini mendapat pujian yang cukup tinggi, terutama dari segi gameplay dan grafis yang dianggap sangat baik pada masanya.


9. Brigandine

Brigandine adalah role-playing game dengan unsur strategi yang dibuat untuk PlayStation. Dalam permainan, pemain memilih salah satu dari enam negara dari benua fiksi Forsena, dan memiliki tujuan menaklukkan bangsa-bangsa lain dengan mengambil istana mereka, dengan menggunakan pasukan monster yang dipimpin oleh Rune Knights. Pertempuran disajikan dalam sebuah arena seperti papan catur, di mana pemain dinyatakan menang apabila berhasil membunuh semua komandan musuh, atau jika para komandan memutuskan untuk lari dari medan perang.


8. Legacy of Kain: Soul Reaver

Soul Reaver menceritakan perjalanan sesosok vampi yang berubah menjadi mayat hidup, Raziel, seorang prajurit yang mengabdi pada tuannya yang bernama Kain. Raziel dibunuh oleh Kain, tetapi dihidupkan kembali oleh The Elder God untuk menjadi "reaver soul" dan untuk membalas dendam pribadinya. Pertempuran, jalan cerita, dan grafis game ini mungkin merupakan yang terbaik yang pernah diproduksi untuk konsol PlayStation.


7. Digimon World 3

Sebuah game yang dirilis di akhir periode PSX sebelum digantikan oleh era PlayStation 2. Permainan ini bercerita tentang Junior, yang mulai memainkan MMORPG yang disebut "Digimon online" dengan teman-temannya. Karena serangan teroris Junior dan pemain lainnya terjebak dalam permainan dan harus mencari jalan keluar dengan menggunakan bantuan Digimon yang ia miliki. Game ini memiliki berbagai fitur menarik, antara lain fitur "evolusi" di mana anda bisa mengubah bentuk Digimon anda ke bentuk yang lebih kuat setelah mencapai level tertentu.


6. Castlevania: Symphony of the Night

Game ini bercerita tentang petualangan Alucard, seorang pemburu drakula. Disajikan dengan grafis dua dimensi yang artistik, Castlevania dianggap memiliki unsur yang sangat lengkap untuk sebuah game petualangan. Kualitas game ini terbukti dari artikel GameRankings dan Metacritic yang memberi nilai review  di atas 93%. Sejak saat itu telah dirilis ulang pada beberapa konsol game lainnya. Permainan ini juga sukses secara komersil, telah terjual sekitar 1,27 juta kopi di seluruh dunia.


5. Xenogears


Game ini adalah sebuah RPG yang sangat kompleks, dibuat berdasarkan teori filosofi yang benar-benar ada di dunia nyata. Xenogears mengikuti kisah protagonis Fei Fong Wong dan beberapa orang lain saat mereka melakukan perjalanan untuk mengungkap kebenaran di balik organisasi misterius yang beroperasi di dunia mereka. Prinsip-prinsip dan filosofi Friedrich Nietzsche, Sigmund Freud dan Carl Jung mempengaruhi plot, desain karakter, dan dunia Xenogears. Selain itu, simbol-simbol, konsep teologis, dan praktek-praktek devosional dari beberapa agama dunia direpresentasikan dalam bentuk fiksi dalam permainan. Tema utama psikologis, sifat identitas dan memori manusia, juga menjadi unsur yang dominan dalam game ini. Hubungan antara manusia dan mesin merupakan pusat plot permainan, seperti yang ditunjukkan oleh adanya robot raksasa dijuluki "gigi", yang hampir dapat dikontrol oleh hampir semua karakter dalam Xenogears.


4. Final Fantasy VII


Final Fantasy VII mengikuti petualangan protagonis Cloud Strife, seorang tentara bayaran yang awalnya bergabung dengan eko-teroris organisasi pemberontak AVALANCHE untuk menghentikan perusahaan raksasa Shinra dari niatnya menguras kehidupan planet bumi untuk digunakan sebagai sumber energi. Selama cerita berlangsung, Cloud dan sekutunya terlibat dalam konflik yang lebih berbahaya, menghadapi Sephiroth, tokoh antagonis utama permainan. Dibantu dengan promosi pra-rilis yang sangat gencar, Final Fantasy VII mberhasil meraih sukses besar secar komersial. Judul ini sudah terjual lebih dari 10 juta kopi dan menjadi judul game terlaris dalam franchise Final Fantasy.


3. Tekken 3


Sebuah judul game fighting yang sangat populer untuk konsol PSX. Tekken 3 mempertahankan sistem pertempuran dasar yang sama dan konsep seperti serial pendahulunya, tetapi membawa banyak perbaikan, seperti grafik dan animasi yang lebih mendetail , lima belas karakter baru ditambahkan ke daftar permainan, musik lebih modern dan gameplay yang lebih mengalir lancar.


2. Gran Turismo 2


Gran Turismo 2 pada dasarnya adalah sebuah game balap. Pemain harus memacu mobilnya untuk mengalahkan pembalap lain yang dikendalikan komputer. Permainan ini memiliki dua mode yang berbeda: Arcade Mode dan Simulation Mode (Gran Turismo Mode pada PAL dan versi Jepang). Dalam mode arcade, pemain dapat bebas memilih lintasan dan kendaraan yajg ingin digunakan. Namun, mode simulasi menuntut pemain untuk terlebih dahulu mendapatkan SIM, membeli kendaraan, dan mendapatkan piala untuk membuka jenis balapan baru. Gran Turismo 2 menampilkan hampir 650 mobil dan 27 trek balap, termasuk trek reli yang sangat menantang.


1. Metal Gear Solid



Gelar game PSX terbaik di dunia tampaknya pantas untuk disematkan pada Metal Gear Solid. Permainan berbasis stealth ini mengikuti cerita dari Solid Snake, seorang prajurit yang harus menyusup ke sebuah pabrik pengembangan senjata nuklir untuk menetralisir ancaman teroris dari Foxhound. Snake harus membebaskan dua sandera, kepala DARPA (semacam komandan penelitian senjata militer) dan presiden produsen senjata nuklir, menghadapi teroris, dan menghentikan usaha mereka untuk meluncurkan serangan nuklir. Permainan ini menampilkan cutscenes sinematik yang disajikan dalam grafis dan suara yang sangat mengagumkan.

0 Response to "50 Game PSX Terbaik di Dunia [Inogame]"

Posting Komentar