15 Game Tycoon Terbaik

Salah satu tipe game yang paling banyak diproduksi adalah game Tycoon.  Yang dimaksud dengan genre "Tycoon" adalah sebuah permainan yang mengombinasikan unsur simulasi dan strategi.  Pemain biasanya dituntut untuk membangun sesuatu dengan sumber daya (uang, bahan bangunan, pekerja) yang tersedia.

Tidak ada musuh dominan dalam game Tycoon.  Musuh utama dalam game ini adalah "waktu", "deadline", dan "rasa serakah".  Permainan sejenis ini tak hanya mengasyikkan, namun juga bisa melatih naluri bisnis anda.  Nah, berikut ini kami sajikan judul-judul video game Tycoon terbaik versi inogame.

15.  Restaurant Empire


Restaurant Empire dirilis pada tahun 2003 diikuti dengan sekuel (Restaurant Empire 2) yang keluar di pasaran  pada tahun 2009. Pemain bertanggung jawab atas setiap aspek dari restoran yang mereka kelola mulai dari desain ruangan, menu makanan, penyajian dan bahkan perekrutan staf.

Di Restaurant Empire pemain memulai permainan dengan sejumlah kecil uang dan restoran tua dari warisan paman. Nantinya, pemain dapat memperluas dan membeli restoran lain hingga akhirnya membangun kerajaan di dunia kuliner.


14.  My Fantastic Park


Seperti yang tersirat dari judulnya, ditugaskan mengembangkan taman hiburan dan menyelesaikan berbagai tantangan. Permainan ini disajikan dengan grafis indah dan menawarkan sejumlah besar atraksi, wahana dan dekorasi yang bisa digunakan untuk mempercantik hiburan.  Sebuah alternatif yang cukup layak dicoba bagi penggemar game Tycoon.


13.  Fish Tycoon


Fish Tycoon awalnya dirilis pada tahun 2004 untuk PC dan sejak itu  juga diproduksi untuk ponsel (iPhone dan Windows Phone) dan konsol Nintendo DS. Bermain game sangat mirip dengan Plant Tycoon, di mana tujuan akhirnya adalah mengembang-biakkan ikan-ikan yang langka.

Pemain mengontrol sebuah toko ikan di mana ia harus merawat ratusan spesies yang berbeda.  Tak hanya itu, pemain juga harus mengelolaaspek  keuangan toko ikan ini agar tetap bisa menghasilkan keuntungan.


12.  Cinema Tycoon


Cinema Tycoon dirilis dalam dua judul yang berbeda. Kedua permainan ini menempatkan pemain pada posisi seorang kepala bioskop.  Anda harus berusaha membuat bioskop yang anda pimpin menjadi lebih baik dari bioskop-bioskop di sekitar.

Permainan ini sangat menyenangkan untuk dimainkan dan memiliki desain yang sederhana serta mudah dipahami.  Cinema Tycoon adalah salah satu game yang wajib dicoba oleh pemula yang berniat untuk mencoba asyiknya bermain game dalam kategori ini.


11.  Fairy Godmother Tycoon


Fairy Godmother Tycoon memiliki fokus pada aspek simulasi bisnis dan memiliki lingkungan permainan yang unik. Pemain harus membangun sebuah toko ramuan sihir yang memiliki berbagai efek ajaib.

Pemain mengontrol sebuah toko ramuan dan harus menangani berbagai hal, mulai dari mengatur anggaran harian. Aspek seperti bahan ramuan, penentuan harga dan penelitian resep ramuan baru juga harus diperhatikan dengan baik. Tak hanya itu, cuaca juga dapat berdampak pada suasana hati pelanggan, yang nantinya berpengaruh pada jenis ramuan yang ingin mereka beli.


10.  Plant Tycoon


Plant Tycoon mengharuskan pemain untuk mengelola penanaman dan bibit yang terdiri dari lebih 500 jenis tanaman.  Tujuan akhir dari permainan ini adalah menemukan 6 tanaman langka yang bisa diperoleh setelah menanam bibit dalam jumlah tertentu. Permainan berjalan secara real-time, yang berarti tanaman anda akan terus tumbuh walaupun anda tidak sedang membuka Plant Tycoon, bahkan saat mematikan komputer.


9.  Monopoli Tycoon


Pemain bertanggung jawab atas bisnis yang berkisar seputar kepemilikan toko dan blok tanah, dibuat dengan menganut aturan permainan Monopoli. Tergantung dari tingkat kesulitan, modal awal dan jumlah tanah yang anda miliki akan bervariasi.  Inti dan tujuan akhir permainan ini adalah mencapai kekayaan tertentu (bisa berupa kepemilikan uang, tanah, maupun properti) dalam kurun waktu tertentu.


8.  Wildlife Park


The Wildlife Park Series adalah kumpulan game manajemen dan simulasi yang memiliki banyak kesamaan dengan Zoo Tycoon. Dalam Wildlife Park, pemain memimpin sebuah Wildlife Park (Taman Safari/ Kebun Binatang) dan harus berusaha menjaga kesehatan keuangan taman safari tersebut. Permainan ini memiliki daya tarik besar untuk pecinta hewan, karena ada lebih dari 60 spesies binatang yang bisa anda gunakan untuk mengisi taman safari anda.

Hewan populer yang tersedia termasuk singa, macan, beruang kutb, panda, lumba-lumba dan bahkan ikan hiu. Pemain juga dapat membiakkan hewan untuk menciptakan spesies baru ke dalam kebun binatang mereka.


7.  Lemonade Tycoon


Tujuan Lemonade Tycoon terbilang cukup aneh, yaitu menjual limun sambil berusaha meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Pemain memiliki kontrol dari berbagai aspek bisnis termasuk berbagai resep limun, harga dan lokasi toko. Permainan ini juga memiliki fitur cuaca yang akan mengubah cara pelanggan berinteraksi dan mempengaruhi jenis limun yang ingin mereka beli.


6.  Zoo Tycoon


Seri Zoo Tycoon dirilis pada tahun 2001 dan menngharuskan pemain membangun sebuah kebun binatang yang sukses dan menguntungkan sambil menyelesaikan mode skenario tertentu. Ada juga Free Play Mode yang memungkinkan pemain untuk membuat dan merancang kebun binatang tanpa skenario maupun batasan waktu.

Zoo Tycoon berfokus pada simulasi bisnis, di mana pemain harus merancang tata letak kebun binatang, jenis binatang yang dimasukkan, mempekerjakan staf yang diperlukan dan membangun berbagai kios dan toko untuk menjaga mood pengunjung tetap tinggi.


5.  Game Dev Story


Dalam Game Dev Story, anda mengambil peran sebagai sebuah tim pengembangan video game indie yang berjuang menjadi sebuah perusahaan top di industri game. Game ini tidak hanya tentang memajukan perusahaan dan membangun reputasi, tetapi anda juga membawa anda memahami sejarah pengembangan video game yang dibuat dengan sangat akurat, sesuai dengan realita yang terjadi di lapangan.


4.  Prison Architect


Prison Architect adalah sebuah game Tycoon yang dikembangkan oleh Introversion Software di mana anda harus berusaha menciptakan sebuah penjara dengan tingkat keamanan yang tinggi. Permainan ini terinspirasi oleh game klasik "Theme Hospital" dan pemain memiliki kontrol yang besar terhadap beberapa aspek seperti pembagian tugas staf penjara, desain blok sel, keuangan dan keamanan dalam penjara.


3.  Rollercoaster Tycoon


RollerCoaster Tycoon sering dianggap sebagai salah satu game Tycoon terbaik. Pemain berposisi sebagai pimpinan sebuah taman hiburan, di mana ia bertugas membangun wahana (yang paling utama adalah roller koster), mempekerjakan staf dan mengelola keuangan. Pemain juga dapat merancang roller coaster mereka sendiri untuk menarik lebih banyak pengunjung ke taman hiburan mereka.


2.  Sim City


Pemain di SimCity harus membangun dan mengembangkan kota sambil tetap berusaha menjaga kebahagiaan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Pemain tidak hanya sekedar mengejar keuntungan, namun juga harus memperhatikan aspek-aspek seperti polusi, pengolahan limbah, dan stabilitas ekoonomi.  SimCity termasuk salah satu game Tycoon paling populer dan sudah dikembangkan sejak tahun 1989.


1.  Railroad Tycoon


Railroad Tycoon berfokus pada pembangunan rel kereta dan manajemen perusahaan kereta api. Pemain mengendalikan peletakan rel, pembelian kereta api, membuat jadwal kereta api dan membangun berbagai stasiun.  Railroad Tycoon adalah salah satu game tycoon paling mudah untuk dimainkan dengan kualitas grafis terbaik.  Namun demikian, game ini juga masih tetap asyik untuk dimainkan oleh gamer yang sudah expert.

0 Response to "15 Game Tycoon Terbaik"

Posting Komentar