10 Game Petualangan Post-Apocalypse Terbaik

"Post-apocalypse" bisa diterjemahkan sebagai "kehidupan setelah bencana besar".  Saking besarnya bencana tersebut, orang pun sering menyebutnya sebagai "kiamat kecil".  Tema post-apocalypse inilah yang kemudian banyak diangkat di berbagai media, termasuk video game.  Game petualangan bertema post-apocalypse biasanya mengangkat tema tentang kehidupan manusia di dunia yang serba kacau, benar-benar berbeda dari kehidupan normal, dan penuh dengan bahaya yang mengancam.

Contoh paling populer dari kehidupan post-apocalypse bisa disaksikan dalam game-game zombie seperti Resident Evil.  Dalam dunia game tersebut, seluruh dunia menjadi kacau karena virus yang mengakibatkan manusia menjadi zombie.  Tak hanya sebatas zombie, apocalypse juga terjadi karena berbagai sebab, antara lain radiasi nuklir, bencana alam, peperangan besar, atau wabah penyakit.  Yang jelas, kondisi tersebut mengakibatkan sebagian besar manusia di dunia meninggal, dan sisanya harus berusaha bertahan hidup dengan susah payah.  Nah, di artikel ini inogame akan mencoba membahas sepuluh game petulangan bertema Post-Apocalypse terbaik.


10.  Fuel


Permainan balap open world ini bersetting dalam dunia yang rusak karena cuaca ekstrim yang dipicu oleh pemanasan global. Dalam game ini, pemain harus memacu kendaraannya menghadapi tornado dan badai pasir. Sejauh mata memandang, pemain hanya akan bisa menyaksikan padang pasir yang kering dan bangunan yang rusak. 

Permainan ini dilengkapi dengan berbagai pilihan kendaraan untuk diadu di lintasan balap, jalan cerita yang misterius, dan juga gameplay yang mengasyikkan.  Sebuah alternatif game yang menggabungkan unsur balap dan petualangan.


9.  The Walking Dead


The Walking Dead dibuat berdasarkan serial komik yang bersetting pada kehidupan manusia setelah sebuah virus zombie misterius menyerang dunia. Permainan ini berfokus pada seorang pria dan seorang gadis kecil bernama Clementine yang berusaha untuk bertahan hidup dan berkumpul dengan survivor lain di tengah kekacauan yang diakibatkan oleh keganasan mayat hidup.

Tak hanya sebatas melawan zombie, game ini memiliki elemen drama yang sangat kuat.  Ada saat-saat di mana anda harus mencoba memahami orang lain serta mengambil keputusan penting yang bisa menentukan hidup-matinya seorang karakter.  Game ini dianggap sebagai salah satu game terbaik yang dirilis pada tahun 2011.


8.   Gears of War


Gears of War adalah third-person shooter video game bertema fiksi ilmiah yang dikembangkan oleh Epic Games dan diterbitkan oleh Microsoft Studios. Permainan ini berfokus pada cerita pasukan Delta Squad dan upayanya untuk menyelamatkan penduduk manusia yang di planet Sera dari serangan monster-monster alien kejam yang dikenal sebagai Locust Horde. Pemain berperan sebagai tokoh utama yang bernama Marcus Fenix, seorang mantan tahanan yang sangat berpengalaman di medan perang. Selain single player campaign yang menarik, Gears of War juga dilengkapi mode multiplayer online yang bisa dimainkan hingga delapan pemain sekaligus.


7.  Borderlands 2


Seperti game pendahulunya, Borderlands 2 bersetting di planet Pandora pasca-apokaliptik. Walaupun sedikit berbeda dengan konsep "Post-Apocalypse tradisional" planet Pandora juga mengalami kehancuran besar karena sebuah perusahaan bernama The Vault, yang menggali sumber daya di dalamnya dengan berbagai metode sehingga menyebabkan kerusakan besar.

Planet ini dipenuhi oleh monster, robot dan mantan pekerja The Vault yang berubah profesi menjadi bandit.  Untuk bertahan hidup di Pandora, kemampuan bertarung mutlak diperlukan.  Tak heran jika di planet ini terjadi kekacauan besar dan kegilaan yang tak lazim ditemui.


6.  Left 4 Dead 2


Left 4 Dead 2 adalah game zombie FPS yang bertemakan kehidupan setelah zombie apocalypse. Permainan ini sangat menekankan pentingnya kemampuan untuk bekerjasama dengan rekan satu tim anda. Dalam Left 4 Dead 2, ditambahkan lima skenario campaign baru, masing-masing terdiri dari 3-5 peta yang harus dilalui. Dalam setiap peta, anda harus berusaha melewati ribuan zombie untuk menuju ke sebuah safehouse, dan di tahap akhir map sebuah campaign, anda harus meminta bantuan dari tim evakuasi dan bertahan dari serangan zombie sampai regu penyelamat tiba, dan melarikan diri dengan sebuah kapal, helikopter, atau mobil.  Berbeda dengan kebanyakan game zombie, dalam Left 4 Dead anda akan menemukan mayat hidup yang mampu berlari dengan cepat serta beberapa zombie spesial yang memiliki kekuatan khusus.


5.  Wasteland


Game ini adalah salah satu game post apocalypse pertama yang dirilis pada tahun 1988, Wasteland adalah turn-based game di mana anda berperan sebagai komando dari pasukan Desert Rangers yang bertugas menegakkan keadilan dan memberantas kriminal. Bersetting setelah perang nuklir dahsyat antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, permainan ini memiliki gameplay yang terbilang sulit.

Disajikan dengan grafis seadanya, Wasteland tetap mampu memikat para gamer.  Di sini anda harus menghadapi bandit, penjahat, bahkan monster-monster yang tercipta akibat radiasi nuklir dan mutasi gen.


4.  S.T.A.L.K.E.R: Shadow of Chernobyl


STALKER: Shadow of Chernobyl adalah first-person shooter survival horror video game yang dikembangkan oleh GSC Game World dan diterbitkan oleh THQ.

Permainan bersetting dalam sebuah periode waktu di mana bencana nuklir kedua terjadi di Chernobyl. Hal ini menyebabkan perubahan aneh di daerah sekitarnya, seperti mutasi gen dan kematian massal. Dalam STALKER, pemain menjadi petualang yang dikenal dengan kode nama "Stalker", seorang pemburu harta di sebuah area yang disebut "The Zone". "The Zone" adalah lokasi di dekat pembangkit nuklir Chernobyl. Setelah kebocoran nuklir daerah ini menjadi sangat berbahaya, dipenuhi monster, mutan, bahkan tanaman beracun yang membahayakan nyawa.


3.  DayZ


Dari namanya, kita bisa menebak bahwa DayZ adalah sebuah game di mana pemain harus berusaha untuk bertahan setelah kiamat zombie.  Tak hanya zombie, musuh para pemain di dalam permainan ini juga bisa berupa sesama pemain yang ingin merampas barang-barang anda.

Berlokasi di sebuah pulau besar, para pemain harus melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup.  Mereka harus menemukan makanan, minuman, dan obat-obatan.  Tentu bukan hal mudah untuk menemukan benda-benda tersebut, melihat fakta bahwa seluruh pulau sudah diduduki oleh zombie-zombie kanibal.  Untuk mempertahankan diri dari zombie dan pemain lain, anda harus memiliki persenjataan yang lengkap yang lagi-lagi harus dicari dengan seksama di pulau yang luas.


2.  Fallout 


Serial Fallout sering dianggap sebagai game petulangan post-apocalypse terbaik.  Setelah radiasi nuklir, umat manusia berada di titik kehidupan yang sangat rendah.  Mereka harus berusaha bertahan hidup di tengah krisis air bersih.  Rumah mereka hancur karena ledakan nuklir.  Yang masih berdiri kokoh pasti sudah dijarah oleh kaum penjahat yang disebut Raider, atau dihancurkan oleh monster-monster ganas yang muncul karena radiasi.

Di game ini, anda akan menemukan berbagai fenomena post-apocalypse yang benar-benar mengerikan, seperti kanibalisme, perbudakan, dan pembunuhan.  Di sinilah tugas anda sebagai seorang Lone Wanderer untuk berusaha membangun kembali peradaban manusia yang hancur lebur.


1.  Last of Us


Dalam game ini, pemain berperan Joel dalam dunia pasca-apokaliptik yang bersetting di Amerika Serikat tahun 2033.  Misi  utama pemain di sini adalah mengawal seorang gadis muda bernama Ellie ke sebuah kelompok pemberontak yang bernama Fireflies.  Ellie dipercaya mampu menjadi kunci dari vaksin penyembuh yang mengakibatkan manusia berubah menjadi zombie yang ganas. 

Di dalam game, Joel harus melindungi Ellie dari mayat hidup yang hidup kembali karena jamur misterius bernama Cordyceps, serta menghindari bandit dan kaum kanibal. Permainan ini mengombinasikan penggunaan senjata api dan stealth, dan disajikan dengan grafis yang luar biasa indah. Ada momen-momen yang cukup ironis di mana anda bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah di dunia yang penuh dengan kehancuran.  Tak hanya itu, Last of Us juga memiliki jalan cerita yang sangat mengharukan dan sering dianggap sebagai salah satu game zombie terbaik sepanjang masa.

0 Response to "10 Game Petualangan Post-Apocalypse Terbaik"

Posting Komentar