10 Game Buatan Indonesia Terbaik

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat banyak developer game bermunculan di berbagai negara, termasuk Indonesia.  Pertanyaannya, apakah game-game buatan Indonesia terbaik yang memiliki kualitas bagus, dan mampu meraih pengakuan dari dunia internasional?  Topik inilah yang akan menjadi bahasan dari inogame dalam artikel kali ini.

Sejauh ini, Indonesia memang belum sehebat Jepang yang sudah menciptakan berbagai permainan komputer kelas dunia, atau Cina dan Korea Selatan yang mampu mengembangkan game online yang sangat populer secara internasional.  Namun setidaknya, langkah awal kita sebagai pencipta game sudah mulai dirintis.  Penasaran untuk melihat apa saja video game yang sudah diciptakan oleh anak bangsa?  Berikut daftarnya:

Image Credit: Wikimedia Commons
10.  Sage Fusion


Desainnya yang sangat ke Jepang-Jepangan dan bahasanya yang full Inggris membuat kami tidak menyangka bahwa Sage Fusion adalah game yang diciptakan oleh programmer Indonesia.  Permaianan berunsur Role Playing Game ini tersedia untuk platform Mac dan juga untuk operating system IOS.

Sage Fusion dikembangkan oleh sekelompok progammer antusias yang bernama "Kidalang".  Jika melihat prospek game ini yang cukup populer, tampaknya Sage Fusion bisa berbicara banyak di dunia game internasional.



9.  Pocong Jump


Dilihat dari namanya saja, kita sudah bisa menebak bahwa Pocong Jump diciptakan oleh orang Indonesia.  Jangan salah, walaupun mengambil nama hantu paling seram sebagai judulnya, sosok pocong dalam game ini ditampilkan dalam bentuk yang sangat imut, unyu-unyu dan lucu.  Dijamin, anda justru akan merasa  gemas melihat sosoknya.

Pocong Jump juga memiliki jalan cerita yang sangat unik.  Sang tokoh utama, Pocong, harus berusaha menemukan jalan untuk menuju surga dengan cara melompat-lompat melalui berbagai level.  Game ini adalah sebuah game yang cocok dimainkan untuk mengusir rasa bosan anda.



8.  SBY Anti Koruptor


Walaupun judulnya penuh propaganda dan diciptakan sebagai salah satu sarana kampanye Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kami merasa perlu memasukkan game ini ke dalam daftar karena mempunyai peranan yang signifikan.  SBY Anti Korupsi membuktikan bahwa para politikus di negeri ini mengakui bahwa video game adalah salah satu media hiburan yang memiliki prospek bagus untuk mempromosikan partai politik mereka.

SBY Anti Koruptor adalah sebuah game flash sederhana, di mana anda berperan sebagai sosok SBY yang berusaha membasmi koruptor-koruptor yang diibaratkan sebagai tikus tanah.  Sama seperti permainan Whack the Moles, anda sebagai SBY harus mencoba memukuli para koruptor yang bermunculan dalam lubang tikus tanah dalam jangka waktu tertentu.



7.  Faunia Rancher


Faunia Rancher adalah salah satu game buatan Indonesia yang bisa membuat saya betah memainkannya berlama-lama.  Konsepnya hampir sama seperti Monster Rancher, di mana anda bisa memilih seekor monster lucu, membesarkannya, melatihnya, dan mengajaknya ke dalam petualangan seru untuk mengumpulkan berbagai macam barang langka.

Grafisnya yang masih dua dimensi tidak lantas membuat game ini berkurang kualitasnya.  Desain kartunnya justru membuat kesan Faunia Rancher terasa lebih indah.  Di dalamnya juga terdapat berbagai monster khas Indonesia, seperti monster bertaring yang sepintas mirip dengan topeng Bali.



6.  Ghaib


Satu lagi game yang sangat inovatif dan kreatif karya anak bangsa.  Ghaib adalah sebuah game horror, di mana di dalamnya anda akan menemukan berbagai hantu Indonesia yang cukup menyeramkan.  Cara untuk mengalahkan hantu-hantu tersebut juga cukup unik, yaitu dengan membacakan ayat-ayat suci yang muncul di layar.

Ghaib memiliki genre First Person Shooter dan grafis 3 dimensi yang cukup baik.  Narasinya juga diberikan dalam bahasa Indonesia, dan sejauh ini sudah cukup punya nama di dunia maya.  Semoga saja kelak ada versi game Ghaib yang jauh lebih besar dan memiliki level yang lebih panjang.



5.  Infectonator


Prestasi game yang dikembangkan oleh Toge Production ini cukup fenomenal.  Infectonator berhasil meraih penghargaan sebagai Best Game of the Year 2012 dan Best Browser Strategy and Simulator 2012.  Tak hanya disediakan dalam bahasa Indonesia, game ini juga tersedia dalam sembilan bahasa yang berbeda, termasuk Inggris, Arab, dan Mandarin.

Game Infectonator adalah sebuah permainan bertema zombie yang benar-benar berbeda.  Di sini, anda bermain dari sudut pandang zombie, dengan berusaha menginfeksi sebanyak mungkin manusia untuk menjadi zombie.  Grafisnya yang imut-imut membuat Infectonator sangat asyik untuk dimainkan.



4.  Save the Hamsters


Diciptakan oleh Team Solitude Studio yang beranggotakan anak muda dari Indonesia, Save the Hamsters berhasil dinobatkan sebagai game terbaik dalam kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 yang diselenggarakan di Rusia.  Game ini berhasil menyisihkan judul-judul lain ciptaan developer luar negeri dari negara-negara besar seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Dibuat untuk platform Windows Phone, game ini sebenarnya memiliki jalan cerita dan permainan yang simpel.  Anda hanya harus memandu empat ekor hamster yang tersesat dengan cara menyelesaikan berbagai puzzle dan perhitungan matematis.  Permainan ini sangat asyik, dan bisa membuat anda ketagihan sejak pertama kali mencobanya.



3.  Cute Kill


Satu lagi game berbasis IOS dan Android yang berhasil dibuat oleh progammer Indonesia.  Game ini dikembangkan dengan sedikit lebih profesional, di bawah bendera Touchten Pte, Ltd.  Grafis dua dimensinya sangat lucu, dan cerita dalam game ini juga sangat menggemaskan, di mana anda berperan sebagai seorang anak wanita yang menggendong seorang bayi.

Nah, dengan bayi di punggung, anda harus berusaha melarikan diri dari kejaran zombie-zombie ganas,  Ada berbagai senjata yang bisa anda beli, dan level menarik serta menantang untuk dimainkan.  Secara keseluruhan, Cute Kill adalah game yang sudah layak untuk dipublikasikan secara internasional.



2.  BattleBox


Berminat memainkan game strategi perang yang juga membahas tentang berbagai sejarah peperangan di Indonesia?  BattleBox adalah game yang bisa menyajikan kedua hal tersebut.  Bertipe Tower of Defense, di sini anda harus berperan sebagai pejuang Indonesia yang harus menghalau serangan dari tentara Jepang dan Belanda di masa penjajahan.

Sama seperti game lainnya, BattleBox disajikan dalam grafis dua dimensi yang imut.  Ada berbagai karakter zaman sejarah yang bisa anda mainkan, dan adapula berbagai karakter fantasi seperti Gatotkaca yang bisa membuat permainan menjadi semakin seru.



1.  DreadOut

Didesain oleh Rendy Basuki, game ini meraih popularitas yang cukup besar di dunia internasional ketika versi Beta-nya dimainkan oleh PewDiePie, salah satu gamer terpopuler di YouTube.  Menilik kualitas grafis serta gameplaynya yang memang bagus, tampaknya sangat pantas apabila DreadOut disebut sebagai game buatan Indonesia terbaik yang berpotensi meraih sukses di dunia internasional.

Game horror ini berkisah tentang petualangan seorang gadis SMA yang terjebak di sebuah rumah tua berhantu.  Untuk mengalahkan berbagai hantu khas Indonesia ini, anda harus mengambil fotonya dan menyelesaikan beberapa puzzle.  Saat ini, DreadOut sedang dalam tahap penyempurnaan, dan sudah masuk dalam tahap awal penyeleksian untuk dijual dalam Steam.  Kita tunggu saja, apakah DreadOut mampu mengharumkan nama Indonesia di industri game.

0 Response to "10 Game Buatan Indonesia Terbaik"

Posting Komentar