10 Game Terlaris di Dunia

Kesuksesan sebuah video game tidak hanya ditentukan oleh kualitas permainan itu sendiri, namun juga seberapa besar keuntungan penjualan yang berhasil diraihnya.  Jumlah penjualan yang tinggi menandakan minat masyarakat yang besar untuk memainkan game tersebut.  Penjualan yang sukses juga memperbesar kemungkinan dirilisnya sekuel atau lanjutan dari sebuah judul.

inogame akan menyajikan sepuluh judul video game terlaris sepanjang masa, berdasarkan dari total penjualan.  Data ini diperoleh dari DigitalBattle dan BusinessInsider per Juni 2013, dan akan diupdate apabila ada informasi terbaru.

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Call of Duty 4: Modern Warfare



Total penjualan:  700 juta US Dollar
Modern Warfare yang dirilis pada tahun 2007 merupakan salah satu game FPS terbaik yang membawa nama besar franchise Call of Duty.  Penjualannya yang berhasil menembus angka 700 juta dollar membuktikan betapa antusiasnya masyarakat menyambut game bertemakan perang yang dirilis untuk multi konsol.

Modern Warfare berhasil meraih review yang cukup positif dari berbagai media.  Game ini bersetting di wilayah konflik Timur Tengah serta perbatasan Rusia, di mana anda berperan sebagai anggota pasukan khusus Britania Raya (SAS).



9.  The Sims


Total penjualan:  740 juta US Dollar

 Total penjualan yang berhasil diraih untuk game yang rilis pada tahun 2000 ini tergolong luar biasa.  Maklum, kala itu The Sims menawarkan sebuah konsep permainan simulasi terbaru yang sebelumnya belum pernah ada.  Tampaknya, prospek untuk mengendalikan, menciptakan, dan mengontrol kehidupan manusia sehari-hari merupakan suatu hal yang menarik perhatian banyak orang.

Hingga saat ini, The Sims masih menjadi sebuah judul paling populer untuk kategori life simulation.  Terhitung ada puluhan, bahkan mendekati ratusan judul The Sims yang dirilis untuk berbagai platform, termasuk puluhan expansion packs yang memiliki berbagai fitur menarik.



8.  Modern Warfare 2


Total penjualan:  780 juta US Dollar

Dirilis pada tahun 2009, Modern Warfare 2 berhasil meraih kesuksesan seperti prekuelnya, bahkan mampu menghasilkan total penjualan yang lebih tinggi.  Modern Warfare 2 dipoles dengan grafis yang lebih bagus, gameplay yang lebih smooth, dan fitur online yang lebih menantang serta mengasyikkan untuk dimainkan.
Di sini anda berperan sebagai seorang pasukan anti-teroris internasional yang tergabung dalam skuad Task Force 141.  Misi yang anda tempuh juga bermacam-macam, dan sebagian besar dihabiskan untuk memerangi teroris Rusia yang berusaha mengambil alih pemerintahan di Amerika Serikat.



7.  Gran Turismo 3


Total penjualan:  850 juta US Dollar

Game balap mobil yang satu ini memang terbilang cukup fenomenal.  Hingga saat ini, Gran Turismo 3 merupakan salah satu game PS2 terpopuler yang mampu terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia.  Keberhasilan judul ini dari segi penjualan tak lepas dari kualitas game-game pendahulunya yang sangat asyik untuk dimainkan.

Gran Turismo 3 lebih dari sekedar game balap.  Di sini, anda berfokus untuk membangun karir, mulai dari mencari lisensi, melatih kemampuan mengemudi, hingga memodifikasi mobil untuk bisa menjadi yang tercepat di atas trek.



6.  New Super Mario Bros


Total penjualan:  1,2 milyar US Dollar

Nama besar Super Mario Bros sangat berpengaruh pada penjualan game yang dirilis pada tahun 2006 ini.  Walaupun diproduksi secara eksklusif untuk Nintendo Wii, hal ini sama sekali tidak mengurangi animo masyarakat untuk membelinya.  Maklum saja, permainan sejenis Mario ini memang bisa dimainkan oleh gamer dari segala golongan usia.
Permainan dalam New Super Mario Bros sebenarnya masih terbilang sederhana, di mana pemain harus melompat dari satu tempat ke tempat lain.  Bedanya, dalam serial ini grafis yang disajikan jauh lebih indah, dalam format 3 dimensi, dan dihiasi dengan berbagai potongan cerita yang menarik.



5.  Wii Play


Total penjualan:  1,25 milyar US Dollar

Wii Play berhasil membawa sebuah nuansa baru dalam dunia game sejak dirilis pada tahun 2006.  Dalam permainan jenis ini, anda harus aktif bergerak untuk bisa memainkan permainan-permainan di dalamnya, karena game ini mendukung sistem sensor gerak dari seluruh tubuh.  Unik, dan tentu saja lebih menyehatkan.
Ada berbagai jenis game yang bisa dimainkan di dalamnya, mulai dari game olahraga, dance, memasak, petualangan, dan masih banyak lagi.  Yang jelas, Wii Play berusaha mengubah pandangan masyarakat bahwa bermain video game adalah aktivitas yang tidak menyehatkan.



4.  Grand Theft Auto IV


Total penjualan:  1,35 milyar US Dollar

Wajar jika game yang dijual di pasaran pada tahun 2008 ini berhasil meraih keuntungan yang begitu besar.  Biaya produksinya yang mencapai lebih dari 100 juta US Dollar saja sudah bisa menjamin kualitas di dalam GTA IV.  Dan memang, hasilnya sama sekali tidak mengecewakan, baik dari segi artistik maupun komersial.
GTA IV jauh lebih kompleks, lebih menarik, lebih kejam, dan lebih bebas dari serial pendahulunya.  Ada lebih banyak senjata, kota yang lebih luas untuk dijelajahi, serta misi yang tidak hanya seru, namun juga melibatkan emosi dan perasaan ketika anda memainkannya.



3.  Mario Kart


Total penjualan:  1,4 milyar US Dollar

Walaupun terkesan kekanak-kanakkan, game Mario Kart yang dibuat untuk konsol Wii ini berhasil mencapai angka penjualan yang fantastis.  Lagi-lagi ini karena nama besar franchise Mario Bros dan cara promosi dari Nintendo yang begitu tepat sasaran.  Tak hanya itu, game ini juga mengasyikkan untuk dimainkan berulang-ulang.
Secara garis besar, Mario Kart sangat mirip dengan game Crash Team Racing (CTR) yang sempat sangat populer di Indonesia saat masa-masa jaya konsol PSX.  Tentu saja, grafis game ini lebih indah, sirkuitnya lebih bervariasi dan juga menantang.



2.  Call of Duty: Black Ops


Total penjualan:  1,5 milyar US Dollar

Black Ops adalah sebuah game perang yang mampu menaikkan standar game-game perang lainnya.  Tak hanya menyajikan kualitas gambar yang enak dinikmati, ada berbagai elemen seru yang bisa anda nikmati dalam game ini, seolah-olah anda benar-benar berada di tengah medan laga.  Berbagai macam senapan dan kendaraan perang bisa anda pakai selama petualangan.
Satu poin lagi yang sangat seru dari Black Ops adalah adanya zombie mode, di mana anda bisa berperang untuk membasmi zombie-zombie haus darah.  Menilik kualitas gameplay dan grafis yang sangat baik, tak mengherankan jika Black Ops mampu duduk di peringkat kedua dalam daftar game terlaris di dunia.



1.  World of Warcraft


Total penjualan:  lebih dari 10 milyar US Dollar

Dirilis pada tahun 2004, World of Warcraft masih menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan hingga tahun 2013.  Game strategi fantasi ini bisa dimainkan secara online maupun offline.  Berbagai karakter dan monster fantastis seperti Orc, Elf, Demon, dan banyak lagi membuat Warcraft tak hanya unggul dari segi gameplay, namun juga latar belakang cerita.
Adanya pengembangan DotA (Defense of the Ancient) makin membuat game ini menjadi sangat populer di seluruh dunia.  Otomatis, nilai penjualan judul ini juga naik dengan drastis.  Saking terkenalnya, banyak turnamen Warcraft internasional yang diselenggarakan untuk mencari gamer paling ahli dalam memainkan game ini.  Sungguh suatu fenomena yang benar-benar mengejutkan dalam dunia video game!

0 Response to "10 Game Terlaris di Dunia"

Posting Komentar